TOTAL ALOKASI BELANJA NEGARA VERSI KAMU SEBESAR

Rp 2.670,8 T

Program Prioritas Kamu

Dalam Belanja Negara versi Kamu, Kamu memprioritaskan belanja pada komponen belanja yang Kamu anggap penting.

Berikut komponen belanja negara versi Kamu yang mengalami peningkatan signifikan

dibanding APBN -

100

Pariwisata

Kamu mendukung tercapainya sasaran dalam APBN, yaitu (1) Tercapainya devisa di sektor pariwisata; (2) Tercapainya kontribusi bidang pariwisata terhadap PDB; (3) Tercapainya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara; dan (4) Penambahan tenaga kerja dari sektor ekonomi kreatif dan menciptakan pertumbuhan orang kreatif menjadi start-up usaha baru.

100

Agama

Kamu mendukung tercapainya sasaran dalam APBN, yaitu (1) Meningkatnya kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama, kualitas pelayanan kehidupan beragama, serta harmoni sosial dan kerukunan hidup umat beragama; dan (2) Meningkatnya kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang transparan, efisien, dan akuntabel.

Rangkuman APBN Versi Kamu

APBN dirancang agar dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi untuk memberantas kemiskinan, mengurangi kesenjangan, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional. Dalam penyusunannya memperhatikan amanat undang-undang yaitu:

  • Anggaran Pendidikan 20%
  • Anggaran Kesehatan 5%
  • Defisit APBN kurang dari 3% terhadap PDB dan Rasio utang terhadap PDB kurang dari 60%

Berikut ringkasan APBN versi kamu?

2.41 %

Persentase Defisit Anggaran

1. Angka defisit masih dalam batas aman sesuai dengan UU no.17 Tahun 2003 .

2. Dengan postur APBN Defisit, maka dibutuhkan pembiayaan dalam APBN melalui Utang Negara. Utang negara tersebut sebaiknya digunakan untuk belanja produktif seperti pendidikan, kesahatan dan infrastruktur. Utang Negara adalah investasi pembangunan manusia dan investasi pembangunan infrastruktur. Pengelolaan Utang Negara harus sesuai Undang-Undang dan dilakukan secara hati-hati, profesional dan bijaksana, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan utang global yang dianut oleh semua negara di dunia.

Rp416 T

Total Anggaran Pendidikan

Alokasi anggaran pada fungsi pendidikan dianggarkan melalui beberapa komponen, antara lain: (1) fungsi Pendidikan pada Belanja Pemerintah Pusat, (2) Dana Transfer Umum, (3) Dana Transfer Khusus, dan (4) Dana Otonomi Khusus.

Alokasi anggaran fungsi pendidikan mencerminkan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi amanat konstitusi bahwa alokasi anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN.

Sesuai dengan amanat Pasal 31 ayat 4 UUD 1945 Amandemen ke-4, menyebutkan bahwa 'Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari APBN serta dari APBN untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional', maka Anggaran Pendidikan versi kamu seharusnya sekurang-kurangnya 20% dari anggaran Belanja Negara versi kamu

Rp416 T

Total Anggaran Kesehatan

Anggaran kesehatan merupakan anggaran mandatory berdasarkan UU Nomor 39 Tahun 2009. Anggaran ini terutama digunakan untuk pemenuhan pelayanan kesehatan baik dari supply side maupun demand side agar kualitas kesehatan dapat meningkat.

Sesuai dengan amanat Pasal 171 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan bahwa 'Besar anggaran kesehatan Pemerintah dialokasikan minimal sebesar 5% dari APBN diluar gaji', maka anggaran kesehatan versi kamu seharusnya sekurang-kurangnya 5% dari anggaran Belanja Negara versi kamu

RANCANG ULANG SELESAI